Community brand, sebuah bagian dari trend media sosial 2012 di Indonesia


Saksikan video berikut, community brand, tren baru dalam media sosial di Indonesia!


       Apakah yang anda pikirkan saat melihat gambar diatas?, sebuah jaringan?atau “trending topic” baru?, sadarkah anda adalah bagian dari “trending topic” serta jaringan tersebut?. Itulah gambaran dari tren social media di tahun 2012, setiap individu terkoneksi dengan individu serta komunitas lain, tingginya angka pemakaian beberapa social media, seperti facebook, twitter, kaskus, Foursquare bahkan youtube yang merubah konsepnya menjadi sebuah jejaring social video, sebuah fenomena baru dapat kita tangkap, sebuah kekuatan baru yang memiliki kemampuan menyasar berbagai elemen masyarakat, walaupun sebagian besar didominasi oleh remaja. Penggunaan facebook di Indonesia yang melampaui angka 33 juta pengguna, bahkan data terbaru dari International business time menyebut Indonesia adalah peringkat kedua setelah USA, begitu pula dengan pengguna twitter juga foursquare yang memiliki peningkatan sangat signifikan dibanding tahun lalu, fantastik!, sebuah kesempatan untuk melakukan branding produk terbuka sangat lebar. Sebagai mahasiswa yang mempelajari hal tersebut, sebagian dari individu berada dalam sebuah komunitas tertentu yang memiliki interaksi yang sangat intens dengan anggota lainnya, Indonesia adalah sebuah komunitas raksasa yang terdiri dari komunitas-komunitas kecil yang memiliki ciri khas tertentu sesuai dengan segmennya. Hal ini sangat mewakili generasi muda kita yang suka berkumpul sebagai sebuah komunitas tertentu, yang secara real sering kita lihat mereka yang nongkrong di kafe-kafe saat malam minggu, secara psikologis, remaja memang membutuhkan sarana untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Social media sebagai sarana untuk melakukan aktivitas “nongkrong” ini sangat diminati karena sesuai dengan mereka yang sangat membutuhkan sosialisasi dengan sesama. Dengan adanya media yang mengakomodasi kebutuhan mereka, maka meledaklah tren sosial media ini, sehingga terbentuklah jaringan maya yang menghubungkan antar komunitas “anak nongkrong” yang multi segmen. Bahkan, mereka yang tidak memiliki akun di beberapa situs tersebut dianggap “ndeso” dan nggak gaul, ya social media adalah tempat baru untuk nongkrong, dan ArwudaIndonesia (Social Media Agency) menangkap sebuah peluang dari fenomena ini.
Muncul sebuah tren baru, yaitu pemasaran melalui social media yang dirasa sangatlah efektif, bahkan bisa mendongkrak pemasaran hingga 60% , hingga muncul sebuah pepatah “go online, atau bangkrut”, mau tidak mau kita seakan di “dipaksa” oleh jaringan komunitas di dunia online yang ada di facebook, maupun twitter. Tetapi satu hal yang harus digaris bawahi adalah setiap komunitas memiliki karakteristik masing-masing, khususnya di Indonesia yang setiap anak mudanya memiliki komunitas sendiri dalam  pergaulannya dalam media social seperti facebook. Tetapi, setiap komunitas dapat berkomunikasi secara intens dengan komunitas lainnya. Seperti gambar diatas, ArwudaIndonesia (Social Media Agency) berperan sebagai “topic spreader” yang membuat sebuah brand dapat dikenal oleh berbagai kalangan di Indonesia. Dengan peran ArwudaIndonesia (Social Media Agency) sebagai “topic spreader”, sebuah komunitas akan mendapatkan sebuah “we feeling” yang akan membuat mereka yang ada dalam komunitas tersebut merasa memiliki brand yang tengah di sosialisasikan pada komunitas tertentu. Sebenarnya, sosial media yang menjadi tren baru di Indonesia, secara konsep sama dengan beberapa orang yang sedang berkumpul bersama yang sedang membicarakan topic tertentu, dan kita harus menjadi bagian dari mereka agar dapat menyatu dan mendapatkan “we feeling” yang akan mempermudah kita dalam menyampaikan sesuatu, dimana target kita adalah membuat sebuah “snowball effect”, mereka akan membicarakan apa yang kita tawarkan, dan pembicaraan kita pun sama dengan mereka sebagai satu komunitas. Terlihat sangat simple bukan?, tetapi bagaimana kita masuk dalam komunitas tersebut?, itulah salah satu hal yang menjadi sasaran Arwuda Indonesia (Social Media Agency) ,mereka akan memikirkan sebuah cara yang dirancang sedemikian rupa guna mencapai tujuan tersebut, mereka yang menjadi sasaran branding kita akan menshare baik dengan teman dalam komunitas mereka maupun diluar komunitas tersebut.
Adanya rekomendasi dari teman dekat, serta introduksi secara intens dari sebuah sosial media, akan menyebabkan “pergantian brand”. Kita tentu akan lebih percaya dengan teman dekat, tidak dapat dipungkiri bila penyebaran mulut ke mulut adalah senjata paling ampuh, dan kita sangat diuntungkan dengan trend social media di tahun 2012 ini, dengan penetrasi yang luas, mulai dari masyarakat perkotaan hingga desa membuat “pergantian brand” semakin sukses dan menyebabkan brand kita akan semakin tersebar karena kekuatan dari jaringan ini. Secara tidak sadar mereka yang menjadi target kita akan menganggap merk kita dalam menyebut produk tertentu, memang sangat powerful branding melalui sosial media ini. Mungkin terlihat agak sedikit rumit, dan membutuhkan tim yang kompeten dalam bidang ini. Disinilah Arwuda Indonesia (Social Media Agency) berperan, dimana dalam proses awal akan ditentukan tujuan, segmentasi, “tone and manner” komunikasi, Key Performance Indicator (KPI) dan berbagai aspek yang lain. Langkah berikutnya adalah Execution and Maintenance, yaitu sebuah proses pelaksanaan rencana secara rinci dengan tim professional, sehingga segmen serta bagaimana brand maupun layanan anda dapat di promosikan secara efektif, yang tentu saja kemudian akan dilaksanakan Monitoring and Reporting, dengan tujuan pemantauan hasil serta brand pesaing, sehingga brand anda tetap unggul serta sesuai dengan segmen yang ada!. Ya, ArwudaIndonesia (Social Media Agency) akan melakukan sebuah revolusi besar untuk anda!, sesuai dengan tren social media di tahun 2012 ini.  Ingin tahu secara detail, penasaran siapa kami? Klik aja disini, lalu follow di @Arwudaid, dan fanpage di sini. Tren sosial media 2012, sebuah era baru dalam berpromosi, Arwuda Indonesia (Social Media Agency). Karena pengalaman Arwuda Indonesia (Social Media Agency) yang sangat banyak dalam dunia sosial media, maka Arwuda Indonesia (Social Media Agency) layak menjadi perusahaan nomor 1 di bidang sosial media.
 This Blog Post Made by : 
Muhammad Thoriq bahri